Salatiga Vokasi Karya Anak Bangsa

Selasa, 15 Mei 2012

Dalam rangkaian peringatan Hari Pedidikan Nasional Kota Salatiga Tahun 2012, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga sejak tanggal 12 - 13 Mei 2012 mendeklarasikan Salatiga Kota Vokasi. Beberapa kegiatan diselenggarakan sebagai pendukung adalah: seremoni deklarasi Salatiga Kota Vokasi, Parade Drumb Band TK, SD, dan SMP, Expo Gelar Karya Produk Siswa SMK dan Hasil Penelitian Ilmiah Siswa SMA, Lomba Kompetensi Siswa SMK, Peresmian Teaching Factory dan Bussinees Center, Pemasaran Tamatan (Job Fair), serta Pentas Seni TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Adapun tempat kegiatan menyebar di beberapa titik yaitu Lapangan Pancasila, SMK Kristen BM, Gedung Hati Beriman, dan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga, serta Gedung Teaching Factory di Jl. Kridanggo.
Beberapa hal yang disampaikan Walikota dalam sambutannya antara lain pembanguan pendidikan nasional meletakkkan 3 isu strategis yaitu: pemerataan akses pelayanan pendidikan, peningkatan mutu, evaluasi, dan daya saing, serta penguatan tata-kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik.


"Pemkot Salatiga berupaya untuk meningkatkan daya saing peserta didik dengan berbagai program dan kegiatan antara lain deklarasi Salatiga Kota Vokasi. Deklarasi ini merupakan upaya Pemkot dalam rangka merealisasikan memorandum of understanding antara Mendiknas, Gubernur Jawa Tengah serta Bupati/Walikota se-Jawa Tengah pada tahun 2008 di Surakarta," tambah Yuliyanto.
Sementara itu tujuan deklarasi Salatiga Kota Vokasi adalah mengapresiasi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang telah dilaksanakan SMK dan sederajat, mengoptimalkan pembelajaran praktek dan kewirausahaan bagi siswa sehingga tercipta enterpreneur yang terampil.
Sementara itu daya dukung Salatiga Kota Vokasi adalah: ada satu SMK RSBI (SMKN 2 Salatiga), SMK yang telah memiliki Sertifikasi Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2008 sebanyak 10 SMK, terdapat 5 SMK sebagai tempat uji kompetensi bagi siswa dan guru, teaching factory bersama SMK Kota Salatiga, terdapat 2 SMK yang memiliki Bussinees Center, terdapat 25 jenis jurusan di SMK Kota Salatiga, prosentase siswa SMK dibanding SMA = 70%:30%, hasil penelitian siswa SMA, Desa Vokasi, dan Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK).

galeri foto
 belajar batik



 mesin dari LPK Kartika



mobil sampah rakitan SMK 2 Salatiga



sumber::



1 komentar:

Admin mengatakan...

kegiatan yang sangat bermanfaat :)

http://www.rumahperumahan.com

Posting Komentar

 
Top